Blog

D.I.Y : 8 TIPS MENGECAT ULANG FURNITURE OUTDOOR

Tahun ini, pertimbangkan untuk memberi tampilan baru pada furnitur lama Anda serta memberikan kesan fresh pada eksterior rumah Anda. Berikut kami berikan tips untuk dipertimbangkan saat akan melakukan pengecatan ulang pada furnitur lama Anda :

  • Perhatikan Furnitur Anda

Perhatikan baik-baik furnitur Anda dan putuskan apa warna atau finishing apa yang paling sesuai untuk diaplikasikan. Anda tentu dapat memperbaiki kursi yang goyah atau memperbaiki goresan, tetapi untuk perabotan yang sudah rusak, seperti meja ayau kursi yang sudah lapuk, mungkin sudah saatnya Anda membeli furnitur baru.

source : Pinterest
  • Hapus Cat yang Mengelupas

Jika Anda memutuskan untuk mengecat ulang furnitur lama, pastikan Anda harus menghapus cat yang terkelupas pada furnitur kayu Anda dan untuk furnitur yang terbuat dari logam hilangkan semua karat yang menempel sebelum Anda mengaplikasikan cat baru. Coba gunakan amplas, spatula pengikis cat atau yang sejenisnya untuk pekerjaan ini.

Source : Pinterest
  • Pertimbangkan Basecoat

Jika Anda berencana menggunakan teknik aplikasi menggunakan kuas, pertimbangkan untuk mengaplikasikan basecoat sebelum Anda mengaplikasikan warna. Gunakan kuas atau rol berkualitas untuk hasil yang halus. Milan Melamine Sanding Sealer 251/253 atau Milan NCSS 275 merupakan basecoat dengan kualitas terbaik untuk melapisi furnitur Anda.

Source : Pinterest
  • Gunakan Alat yang Tepat

Saat mengecat furnitur, pertimbangkanlah menggunakan rol untuk mengecat permukaan yang luas, contohnya table top dan gunakan kuas berukuran kecil untuk mengecat bagian detail atau sudut dari furniture. Jjika kuas penuh dengan cat yang sudah kering Anda dapat merendamnya dengan cairan thinner atau sejenisnya.

Source : Pinterest
  • Memilih Finishing

Anda dapat menentukan finishing sesuai dengan keinginan Anda, apakah tampilan satin, gloss atau doff, yang terpenting pastikan Anda menggunakan cat yang dibuat untuk penggunaan outdoor dengan perlindungan terbaik. Milan Melamine 252/254 atau Milan NC 276 merupakan topcoat berpelarut solvent dan Milan CC 500 untuk topcoat berpelarut air dengan kualitas terbaik untuk melapisi furnitur Anda.

Source : Pinterest
  • Berapa Banyak Lapisan Cat ?

Aturan yang umum digunakan adalah menggunakan dua lapis cat untuk mendapatkan hasil maksimal. Tips untuk penggunaan cat berbahan dasar minyak, cukup gunakan lapisan tipis dalam aplikasi karena mereka akan lebih cepat kering. Untuk furnitur kayu Anda dapat menggunakan Milan WS-500 A untuk cat berpelarut solvent dengan 24 pilihan warna atau Milan Acqua Stain untuk cat berpelarut air dengan 15 pilihan warna dan untuk furnitur logam Anda dapat menggunakan Milan Synthetic dengan 33 pilihan warna.

Source : Pinterest
  • Pilih Warna

Pilihan Anda tidak terbatas ketika memilih warna cat. Salah satu cara mudah untuk memilih warna adalah dengan sesuatu yang menonjolkan eksterior rumah atau gunakan kartu warna dan pilihlah warna yang sejajar satu sama lain. Jangan takut untuk memilih beberapa warna yang berbeda untuk mendapatkan tampilan eklektik.

Source : Pinterest
  • Coba Sesuatu yang Berbeda

Untuk tampilan unik, Anda bisa menggunakan selotip untuk membuat desain pada table top. Gunakan dua atau 3 warna untuk melukis pattern yang unik.

Source : Pinterest