Blog

BAGAIMANA MEMILIH JENIS FINISHING YANG SESUAI ?

Menemukan finishing kayu yang tepat untuk proyek Anda terkadang cukup membingungkan. Bagaimana Anda bisa tahu kalau Anda sudah memilih finishing yang tepat untuk proyek Anda ? Kegagalan dalam memilih finishing untuk proyek Anda mengakibatkan hasil akhir proyek Anda terlihat buruk atau hasil proyek Anda akan rusak di masa mendatang.

Kami akan memberikan saran untuk memilih finishing yang tepat untuk proyek Anda

  1. Finishing dengan Oil

Terdapat beberapa keuntungan menggunakan untuk finishing dengan oil sistem. Dari sisi perlindungan, oil sistem membantu proyek Anda bertahan lebih lama karena oil tidak hanya melapisi permukaan kayu tetapi juga masuk ke dalam pori-pori kayu, ramah lingkungan, Anda dapat menggunakan Milan Teak Oil untuk menghasilkan tampilan kayu yang natural.

  • Finishing dengan Wood Stain Water-Based

Bagi anda yang tinggal di daerah tropis dan memiliki tinggat kelembaban tinggi penggunaan stain pada kayu dapat mencegah kayu mengalami kerusakan, selain itu juga melindungi dari paparan sinar UV yang mengakibatkan perubahan warna pada kayu. Dari sisi cara pengaplikasian finishing, wood stain merupakan yang paling mudah diaplikasikan ke media dengan beberapa sistem aplikasi, seperti wiping (bal), brush (kuas), spray (semprot). Jadi jika ingin menonjolkan serat kayu dengan tampilan warna yang menarik, Anda dapat memilih Milan Acqua Stain yang tersedia dalam berbagai varian warna sesuai selera dan kebutuhan Anda.

  • Finishing dengan Oil Water-Based

Bagi anda yang ingin tampilan finishing dengan hasil yang sangat natural, oil water-based bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda. Oil water-based adalah finishing kayu dengan teknologi terbaru, yaitu kombinasi antara teknologi water-based dan oil-based. Kombinasi ini menghasilkan film yang sangat natural karena memiliki kemampuan penetrasi ke dalam kayu yang sangat baik seperti cat oil-based, namun lebih aman, lebih ramah lingkungan, dan lebih cepat kering. Milan Acqua Olio dapat menjadi pilihan terbaik untuk proyek Anda selain memiliki 5 pilihan warna yang menarik, juga sangat cocok untuk aplikasi eksterior karena memiliki perlindungan yang baik terhadap sinar UV, air, debu, maupun serangga, serta mampu mencegah terbentuknya jamur dan lumut di permukaan kayu.

  • Finishing dengan NC (Nitrocellulose)

Bagi Anda yang ingin tampilan akhir jernih, tipis dan tampak alami, mungkin cat jenis NC bisa menjadi alternatif finishingnya. Secara umum industri furnitur di Indonesia masih menggunakan cat jenis ini karena selain pengerjaannya mudah hasil akhirnya pun cukup memuaskan. Kelemahan dari cat jenis NC adalah tidak bisa diaplikasikan untuk garden furnitur, hanya untuk interior furnitur saja. Tahapan aplikasi dengan NC sistem biasanya sebagai berikut :

  1. Woodstain solvent sebagai pewarnaan dasar untuk memperindah serat kayu dengan warna transparan, bisa menggunakan Milan WS 500 A yang tersedia dalam berbagai varian warna
  2. NC sanding sealer sebagai lapisan dasar (basecoat) untuk pembentukan film, bisa menggunakan Milan NCSS 275
  3. NC topcoat sebagai lapisan akhir untuk proteksi dan mendapatkan tingkat gloss yang diinginkan, bisa menggunakan Milan NC 276 gloss atau doff
  • Finishing dengan Synthetic Enamel

Bisa dikatakan cat jenis ini adalah cat yang cocok digunakan untuk pengecatan outdoor, bagi Anda yang ingin mengecat pagar, gazebo, bangku taman dan benda-benda lain di luar rumah, cat synthetic enamel dapat menjadi salah satu pilihan karena dapat dengan mudah diaplikasikan ke media kayu ataupun besi, selain itu cat ini juga memiliki daya lekat yang kuat dan pada umumnya tampilan yang dihasilkan glossy. Jika Anda ingin merubah tampilan perabotan rumah Anda dengan tampilan yang fresh dan baru Milan Synthetic tersedia dalam berbagai varian warna menarik sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Finishing dengan Polyurethane

Dari berbagai jenis finishing kayu, polyurethane merupakan finishing yang ketahanannya paling baik, tahan gores, tahan paparan cuaca, tidak mudah retak. Cat jenis polyurethane banyak digunakan untuk kebutuhan industri seperti mebel untuk hotel, bar, restaurant bergaya Italy dengan finishing yang bersih, high gloss dan lapisan film yang tebal. Milan Polyurethane BaseCoat dan Milan Polyurethane TopCoat tersedia dalam bermacam pilihan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan industri furniture Anda.

Memilih finishing yang tepat untuk proyek anda bukanlah hal yang sulit, luangkan waktu Anda sejenak dan cari tahu apa finishing yang paling cocok dengan kebutuhan Anda, yang paling penting Anda harus tahu ingin seperti apa tampilan akhir dari proyek Anda.

Related Posts